Rabu, 17 Februari 2016

Anakku Sayang Hilang Karena Cupang

Saking cintanya dengan ikan ini, sejumlah anak-anak nekat pergi mencari ikan cupang, entah karena tidak punya uang atau memang mencari ikan itu lebih menyenangkan, memberikan kesenangan sendiri apalagi mencarinya bersama-sama teman.


Sejumlah orang tua di Kubu Raya mulai khawatir terhadap anak-anaknya yang pergi ke sungai atau rawa-rawa untuk ikan mencari cupang (slomang). Hobi mengoleksi ikan aduan ini sudah merebak di kalangan anak-anak, khususnya di Desa Kuala Dua, Kubu Raya. Ikan cupang memiliki warna yang menawan, namun yang paling diutamakan dari ikan ini oleh anak-anak, sifatnya yang agresif dan bisa diadu satu sama lain.

Tak heran saat ini anak, berlomba untuk memiliki koleksi paling banyak dan paling jago. Selain membeli, sebagian anak memiliki ikan ini dengan mencarinya ke daerah perairan, seperti rawa-rawa dan sungai. Untuk itu, kekhawatiran para orangtua saat ini semakin besar. Sebab, anak-anak usia sekolah dasar sangat mengganduringi mengeleksi ikan cupang ini. Banyak dari mereka pun mencari ke sungai-sungai.

"Kita khawatir sekali sekarang, apalagi dekat dengan sungai. Karena suka punya ikan sabung ini, bersama teman-temannya cari ke sungai," ujar orangtua di Kuala Dua, Tahir (40), Minggu (7/2/2016).
Tidak hanya itu, ikan yang bisa diadu ini juga bisa memberikan kesempatan anak-anak untuk melakukan permainan saling adu ikan. Sehingga timbul diantara mereka untuk memiliki ikan lebih jago lagi.



"Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka bisa saling taruhan. Makanya harus ada pengawasan dari kita selaku orangtua," ungkapnya.

Anda sudah menjadi orang tua dari anak-anak yang menyukai cupang juga? Sebaiknya berhati-hati dalam pengawasan untuk Anda, daripada kenapa-kenapa lebih baik Anda belikan saja jika memang khawatir, atau yang lebih serunya Anda juga ikut mencari ikan cupang bersama-sama anak Anda, selain mengawasi, kedekatan Anda dengan anak akan semakin erat. 

Tapi ingat awasi lomba aduannya juga, karena anak-anak jaman sekarang lebih cepat dewasa dibanding dengan umurnya. Atau lebih baiknya, jika anak memang sangat hobi dan memiliki ikan yang berpotensi, anda sudah bisa mengenalkan kontes dan pameran ikan cupang kepadanya.
Lebih baik mencegah kan, daripada sulit dari cari karena hilang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar