Rabu, 17 Februari 2016

Si paling Kecil di Keluarga Cupang

Provinsi Riau ternyata menyimpan banyak keunikan. Salah satunya adalah ikan cupang. Daerah ini memiliki ikan cupang terkecil di dunia.


Klub Ikan Hias Cupang Internasional atau "Internasional Betta Club" (IBC) menyatakan Provinsi Riau memiliki jenis Ikan Cupang terkecil di dunia yang dikenal dengan Cupang Bagan Api atau Cupang Api-Api, atau pun "Cupang New Red". Sepertinya namanya, ikan cupang ini hanya terdapat di Bagan Siapi-Api, Kabupaten Rokan Hilir.

"Ikan ini keistimewaannya adalah Ikan Cupang terkecil di dunia dan hanya ada di Riau. Ini unik karena panjangnya cuma 2,5 sampai 3,5 sentimeter, warnanya merah. Ini ditemukan dua atau tiga tahun yang lalu, namun harus dibudidayakan dan dilestarikan karena hampir punah," kata Anggota IBC, Joty Atmadjaja di Pekanbaru, Sabtu (15/8/2015).

Hal itu dikatakannya saat menjadi juri dalam Kontes Ikan Capung yang digelar oleh Dinas Pertanian Pekanbaru dan Diamond Fish Club (DFC), 15-16 Agustus.

Dia lebih lanjut menyampaikan bahwa sampai saat ini ikan tersebut belum memiliki nama ilmiah sehingga sering disebut dengan tiga nama di atas. Sehingga sekarang tiga nama tersebut digunakan untuk ikan yang sama.

Meskipun begitu, dia menyayangkan masih minimnya perhatian terhadap jenis ikan yang tidak umum ini. Padahal, Ikan Cupang asli Riau ini menurutnya bisa menjadi ikon atau maskot provinsi. "Saat ini terlihat belum dipoles, diangkat, dan dipromosikan sehingga banyak yang belum meminati," imbuhnya.


Kontes Ikan Cupang itu sendiri digelar di Pasar Ikan Higienis Pekanbaru Jalan Ibrahim Sattah. Kegiatan inimenyediakan hadiah total belasan juta rupiah. Kontes Cupang Hias kali ini di Pekanbaru, diikuti oleh peserta-peserta dari luar propinsi Riau dan Luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar