Rabu, 17 Februari 2016

Budidaya Ikan Cupang dengan Tepat

Memelihara ikan cupang sebenarnya tidak sulit. Ikan tahan banting, bahkan di air dengan kadar oksigen sedikit, lantaran rongga di dalam tubuhnya yang berfungsi seperti paru-paru manusia. Hal yang menjadi masalah adalah agresivitas ikan ini sendiri. Inilah hal yang sebaiknya Anda perlu tahu jika hendak membudidayakan ikan cupang:

  1. Bedakan ikan jantan dan betina saat berumur 1,5 bulan. Ikan jantan mempunyai sirip dan ekor yang bisa mengembang lebar, lincah, dan warnanya cerah, betina lebih kecil, warnanya kusam, dan geraknya lamban.
  2. Ikan dewasa berumur 4 bulan hanya perlu waktu 2 bulan untuk berkembang biak.
  3. Selalu bersihkan kolam, dan jaga kualitas air agar bersih menggunakan filter dan aerasi, agar ikan bisa berkembang dengan sempurna.
  4. Jangan pernah menyatukan lebih satu ikan cupang jantan dewasa di satu akuarium.
  5. Ikan yang dipelihara di tempat gelap akan lebih agresif.
  6. Beri makan ikan dalam porsi sedikit, namun sering, setidaknya 3-4 kali sehari.
  7. Beri makanan seperti kutu air, larva nyamuk, dan cacing sutera.
Ikan cupang yang dipelihara dengan baik bisa dijual mulai dari harga murah IDR 5.000,00 hingga bahkan mencapai IDR 70.000,00. Padahal jika Anda menggunakan wadah seperti toples dan botol, Anda bisa memanen hingga 1.000 ikan setiap kalinya, itu berarti, Anda akan mendapatkan keuntungan kotor minimum sebesar Rp5 juta. Sungguh menguntungkan, apalagi mengingat harga botol plastik bekas hanya sekitar Rp5.000/kg.


Anda berani mencoba?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar