Rabu, 17 Februari 2016

Nina Bobo Cupangku

Hayo pecinta cupang, anda tahu tidak cupang bisa tidur? Mitos atau hanya fakta? Benar atau tidak?


Cupang termasuk ikan yang aktif di siang hari. Ikan cupang merupakan ikan asli dari Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Nama ilmiah spesies ini adalah ‘betta splendens’. Ikan cupang dikenal dengan warna yang cemerlang dan sirip besarnya. Ikan ini suka sekali memakan zooplankton, krustasea, larva nyamuk, dan serangga air, dan sering ditemukan di sawah, perairan kanal, dan dataran banjir di mana nyamuk senang untuk berkembang biak.

Ikan cupang juga tidur dan juga butuh istirahat. Seperti semua makhluk hidup lainnya, tidur adalah suatu keharusan bagi ikan cupang. Ikan ini juga tidak dapat bertahan hidup tanpa tidur. Akan tetapi cara tidur ikan cupang tidak seperti manusia. Ikan ini dapat menjadi tidak aktif. Frekuensi mulut dan gerakan insang akan berkurang secara signifikan. Bahkan, ikan cupang juga mungkin akan nampak mengapung, atau mungkin menemukan tempat yang aman di lumpur atau batu untuk beristirahat. Ikan nokturnal tidur siang hari dan berburu di malam hari. Sedangkan ikan cupang aktif di siang hari dan tidur di malam hari.

Pada umumnya, ikan cupang akan tidur jika ruangan sekitarnya gelap atau ketika lampu dimatikan. Oleh karena itu, anda mungkin tidak akan dapat melihatnya ketika tidur. 

Selain itu, ikan cupang tidur seperti tidur ayam karena terus-menerus mengawasi predator. Ikan cupang dapat merasakan gerakan di sekitarnya bahkan ketika sedang tidur. Jadi, jika anda ingin menonton ikan ini sedang tidur, matikan lampu, dan lihat secara diam-diam dan hati-hati. Hal yang diperlukan adalah mematikan lampu aquarium dengan jadwal teratur. Ikan cupang memerlukan kegelapan untuk tidur. 

Anda juga dapat menginstal timer, sehingga lampu akan otomatis mati pada waktu yang telah ditetapkan setiap malam. Selain itu, pencahayaan yang berkepanjangan dapat meningkatkan suhu air dan suasana yang signifikan. Ikan mungkin tidak dapat beristirahat karena suhu yang tinggi.

Nah sudah tahukan kalau ikan cupang butuh istirahat seperti manusia pada layaknya, mulai sekarang awasi dan jangan berisik kalau ikan anda sedang tidur. Hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar