Rabu, 17 Februari 2016

Ikan Cupang Doyan Kacang Polong

Apa benar ikan cupang doyan kacang polong? Atau memang ada manfaatnya? Mari baca penjelasan dibawah.
Memelihara ikan cupang atau ikan betta bukan merupakan perkara sulit. Ikan hias tersebut dikenal tidak memerlukan perawatan yang rumit. Hanya saja, kewaspadaan tetap diperlukan terutama untuk mencegah masalah pencernaan pada ikan peliharaan Anda. 


Masalah pencernaan umum yang biasa menyerang ikan cupang adalah sembelit (konstipasi). Sembelit ditandai dengan perut cupang yang tampak kembung. Untuk menangani masalah ini, beri makan ikan cupang dengan kacang polong setidaknya seminggu sekali. 

Kacang polong membantu membersihkan sistem pencernaan ikan cupang. Sebelum memberi makan kacang polong, pastikan ikan cupang tidak diberi makan apapun selama satu hari. Pada hari berikutnya, kacang polong bisa diberikan ke ikan peliharaan Anda. 

Berikut adalah caranya:

1. Siapkan kacang polong mentah secukupnya.
2. Rendam kacang polong dalam air selama 10 menit untuk melunakkan kulitnya.
3. Kupas kulit kacang polong dan bagi menjadi dua.
4. Cincang setengah bagian kacang polong dengan pisau hingga halus.
5. Masukkan kacang polong cincang ke akuarium ikan cupang.
6. Cincang setengah bagian lain jika cupang masih tampak lapar.

Untuk mendapatkan perhatian cupang, gerakkan jari Anda di atas air sebelum menjatuhkan kacang polong cincang. Jika cupang tidak tertarik makan, letakkan sepotong kacang polong pada ujung tusuk gigi dan gerakkan di sekitar akuarium. Tapi jangan sampai cupang terluka oleh tusuk gigi. Jangan lupa untuk membersihkan sisa kacang polong yang tidak termakan dari akuarium agar tempat tinggal ikan cupang tetap nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar