Rabu, 17 Februari 2016

Shield dan Healer untuk Penyakit Insang Memerah

Anda penggemar ikan cupang da CoC?? Pasti anda tahu istilah Shield dan Healer ini, shiled adalah alat perlindungan untuk melindungi desa anda dari serangan musuh biasanya shield akan aktif selama 11-12 jam, sedangkan healer adalah pasukan penyembuh, biasanya perlu waktu 15 menit untuk healer ini siap. Lalu bagaimana dengan shield dan healer untuk cupang, apa gunanya, apa hubungannya?

Guna shield dan healer ini adalah untuk melindungi ikan cupang dari penyakit. Shield sebagai pelindung, dan healer sebagai penyembuh, tapi cara untuk mendapatkan keduanya berbeda dengan CoC, ya kali ikan cupang kalian bisa tahan dari penyakit atau sembuh dari penyakit karena kouta, hahaha.


Ikan cupang rentan terhadap serangan penyakit. Hal tersebut terjadi, baik pada ikan cupang hias maupun ikan cupang adu, walaupun tahan terhadap kondisi air media yang miskin oksigen dan dapat hidup dalam media sempit.

Bisa jadi, cupang hias yang sedang berenang dengan anggun dan tenang sambil mengembangkan seluruh siripnya, tiba-tiba terlihat seperti bergetar atau mendadak ikan cupang terlihat terhuyung dan membenturkan tubuhnya ke dinding akuarium. Hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ikan cupang terserang penyakit. Begitu pula pada ikan cupang adu yang terkesan garang sekali pun.

Nah, berikut salah satu jenis penyakt ikan cupang beserta cara penanganannya, semoga bermanfaat ya!

Penyakit Inflamed Gills (Insang Memerah)

Disebabkan oleh kondisi air yang kotor, dimana air yang kotor mengandung asam nitrat yang tidak baik untuk ikan cupang, sehingga menyebabkan keracunan nitrat. Tetapi untungnya penyakit ini tidak menular ke ikan-ikan yang lain atau bahkan ke anda, kalau sampai menular ke anda, berarti anda.....

Gejala dari penyakit ini adalah insang ikan akan memerah, saat sudah parah menandakan bahwa sudah infeksi dengan diawali pembengkakan, ikan jadi susah bernafas dan terengah-engah sehingga ikan akan terpaksa berenang di permukaan air. Dan tutup insang tidak mau menutup rapat.

Pengobatan (Healer):

  • Methylene Blue (bisa merk Blitz Ich, Rid All, Tetra, dsb).
  • Berikan garam akuarium.


Perlindungan (Shield)

  • Ganti air secara full (minimal 3 hari sekali), jangan sampai terlihat kotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar