Rabu, 17 Februari 2016

Cupang : Tidur Telentang atau Tengkurap

Pada postingan sebelumnya, saya membahas tentang fakta bahwa cupang pasti memerlukan tidur, tapi tahukah Anda cupang tidur dalam keadaan seperti apa? Telentang atau Tengkurap?

Kerena ikan cupang tidak memiliki kelopak mata, sehingga tidak mungkin untuk dapat menutup mata. Ikan ini tidur dengan mata yang selalu terbuka. Ikan cupang menemukan tempat yang nyaman di bagian bawah untuk beristirahat. Ikan-ikan ini bergerak untuk sementara waktu sampai sesuatu mengejutkan mereka. Jika anda menyalakan lampu, mungkin anda dapat mengganggu tidur mereka. Ikan cupang nampak pucat saat tidur.

Ikan cupang dapat bersembunyi di balik filter atau mungkin tidur di atas tanaman. Seringkali, ikan cupang tetap dekat dengan permukaan. Sebagai ikan labirin, maka dapat menghirup oksigen langsung dari udara dan dapat mengambil oksigen dari insangnya. Karena organ labirin, ikan tersebut bertahan untuk jangka waktu yang singkat dan keluar dari air. Jika suasananya lembab, ikan cupang dapat menghirup udara di sekitarnya.

Anda mungkin berpikir bahwa ikan ini sudah mati ketika beristirahat. Tapi yang sebenarnya adalah ikan dapat tidur untuk waktu yang sangat lama tanpa geraka, selain itu posisi yang ditunjukkanpun juga berbeda. Sebagai contoh, mungkin tubuhnya akan terbalik atau mengambang diatas air.

Mengapa Ikan cupang perlu istirahat karena ikan tropis. Maka itu suhu air harus dijaga antara 23-27ยบ C. Dalam air yang dingin, ikan ini dapat menjadi lesu dan terbaring lemah. Selain menjaga suhu air, anda juga harus menjaga kualitas air dan makanan juga.

Jadi ketika Anda meniatkan untuk memelihara ikan cupang, pelihara dengan baik dengan belajar mengerti akan ikan cupang. Masa iya, sama cupang mau PHP juga. Hehehe

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar