Sabtu, 13 Februari 2016

Ekosistem Ikan Cupang

Darimana Cupang berasal? karena cupang bukan jin, jadi cupang tidak keluar dari botol hehe.
Ikan cupang mempunyai habibat asli tentunya sebelum masuk ke dalam botol atau akuarium. Mau tahu agar bisa memelihara Cupang dengan sangat baik?? Check it dot.

Ikan cupang ini berasal dari daerah Thailand dan Malaysia. Di daerah tersebut, ikan cupang ini mudah sekali di temukan di parit, sawah, kolam, ataupun genangan air di alam bebas.  Betta splendens  ini suka hidup di tempat-tempat yang banyak ditumbuhi tanaman airnya. Kenapa kaya gitu? Soalnya si cupang ini berlindung dari burung-burung pemangsa dan ikan-ikan predator yang jadi pemangsanya. Selain itu, si cupang ini juga ga terlalu suka sama sinar matahari. 


Ikan cupang ternyata memiliki berbagai macam warna tersebut akibat dari lingkungan yang membentuknya. Ikan cupang yang hidup di lingkungan perairan yang keruh, maka akan memiliki warna yang cenderung gelap atau kehitam-hitaman. Sedangkan, ikan cupang yang hidup di perairan yang jernih, maka akan memiliki warna yang cerah.

Tanaman air yang hidup di habitatnya tidak boleh terlalu padat, karena ikan cupang juga butuh ruang untuk menyembulkan mulutnya untuk mengambil oksigen. Perairan yang disukai ikan cupang adalah perairan yang dangkal, karena ikan cupang harus sering ke permukaan untuk bernapas.

Ikan Cupang tidak terlalu menyukai sinar matahari, karenanya kebanyakan di alam liar si cupang ini banyak ditemukan ada di bawah pepohonan ataupun tanaman air. Perairannya tenang, memiliki pH berkisar antara 6,5 – 7,5, kesadahan air berkisar antara 5 – 12 dH, dan suhunya berkisar 24 – 30 oC. Dengan organ pernapasan tambahan labirinth  yang dimilikinya, maka ikan ikan aduan ini dapat bertahan hidup di perairan yang miskin oksigen. Hebat kan!?

Ikan cupang ini adalah hewan karnivora yang bersifat pemangsa. Salah satu ciri dari hewan pemangsa ialah cenderung mendominasi habitat tempat dia tinggal. Ikan cupang jantan akan berusaha mengusir cupang jantan lainnya yang ingin masuk ke wilayahnya. Jika ikan si pendatang tetap berani masuk ke wilayah si penguasa, maka akan terjadi perkelahian diantara keduanya untuk menentukan siapa yang berhak menjadi penguasa di wilayah tersebut.

Karena habibat bisa mempengaruhi kualitas seekor ikan, sampai-sampai ada ikan cupang yang dibayar mahal, sekitar IDR 3.000.0000, penasaran?? baca disini
Begitulah habitat dan perilaku ikan cupang di alam liar. Semoga penjelasan tadi dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pecinta ikan cantik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar